Senin, 12 Maret 2018

HAPPY TEETH, HAPPY SMILE :) !!

Hasil gambar untuk membersihkan gigi dengan benang

Plak's so mean!

     Coba deh raba permukaan gigi menggunakan ujung lidah. Kalau nemuin sesuatu yang kasar menempel disana, bisa jadi ada plak di gigi kita. Plak itu komposisinya bervariasi, mulai dari beragam jenis mikroorganisme hingga bakteri streptococcus mutans.
 
      Plak juga bisa terbentuk di lapisan gusi maupun di garis batas antara gigi dan gusi. Plak yang terlalu lama dicuekin akan membentuk Karang gigi serta infeksi gusi ( gusi membengkak) . Derita selanjutnya yang akan kita tanggung asalaa gigi berlubang hingga kerusakan struktur gigi akibat gusi yang mengecil. 

Why do we get tooth cavities? 

     Penyebab gigi berlubang adalah adanya bakteri streptococcus mutans dan lactobacili hijrah ke mulut karena kita malas membersihkan sisa makanan. Kedua bakteri tersebut mengubah glukosa dan karbohidrat pada makanan menjadi asam melalui proses fermentasi. Pertama muncul lubang kecil sih rasanya biasa aja.

      Eh begitu lubang tersebut menembus bagian dentin dan pulsa gigi, rasanya baru LUAR BIASA !  Sel saraf dan pembuluh darah di dalam pulpa yang terinfeksi itu lah yang bikin nyut-nyutan. Ketika rasa sakit reda,  jangan diabaikan! Justru itulah tanda-tanda kematian sel saraf. Jika ngak segera dibawa ke dokter   kerusakan akan terus melebar hingga menembus tulang penyangga.

Why do teeth change color?


Hasil gambar untuk gigi berubah warna

  • Seiring bertambahnya usia, lapisan enamel gigi semakin tipis dan lebih transparan. Lapisan dalam yang disebut dentin juga akan semakin gelap. Jika gigi kita memiliki kandungan mineral yang sangat baik, perubahanya nggak akan terlalu drastis.
  • Gigi mampu menyerap cairan berwarna lho! Waspadai minuman seperti kopi, teh, cola, dan anggur merah. Makanan yang mengandung zat pewarna pekat juga harus kita jauhi. Bahkan ada buah dan sayur yang bisa bikin gigi berubah warna, misalnya kentang dan apel.
  • Kebiasaan merokok, mengunyah tembakau, dan malas membersihkan gigi.
  • Infeksi di rongga mulut.

How to keep our teeth healthy and strong?


Hasil gambar untuk sikat gigi

  1. Gosok gigi tiga kali sehari , pakai obat kumur saja belum cukup lho....Cari sikat gigi yang sanggup mengangkat plak tapi nggak bikin gigi rusak atau gusi berdarah. Jangan lupa bersihkan bagian dalamnya ya!
  2. Periksa gigi setiap 6 bulan ke dokter. Bersihkan pula plak-plak yang bandel agar gigi tetap sehat.
  3. kurangi makanan yang banyak mengandung glukosa dan karbohidrat karena akan menimbulkan kerusakan gigi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar